Minggu, 21 Desember 2014
Cara setting angka Fokus 3D pada OpenGl
Assalamu’alaikum wr.wb
Kali ini saya akan menjelaskan tutorial singkat Untuk mensetting angka Fokus 3D OpenGl ,
Untuk mensetting angka Fokus 3D anda bisa focus pada
kode dibawah ini :
void
setCamera(){
// setting proyeksi kamera
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
gluPerspective(45.0, 3.0/3.0, 1, 40);
// setting posisi kamera
glMatrixMode(GL_MODELVIEW);
glLoadIdentity();
gluLookAt(2.2, 0.7, 1.2, 0.0, 0.7, 1.2, 0, 1, 0);//kiri ke kanan
}
Untuk
kode angka yang saya garis bawahi adalah pengaturan angka x,y,z untuk
mengarahkan kamera saat focus terhadap gambar , lihat tampilan hasil shootinngan
dari kode angka tersebut :
Okeh
begini penjelasannya :
gluLookAt(2.2,
0.7, 1.2, 0.0, 0.7, 1.2, 0, 1, 0);//kiri ke kanan
settingan
angka diatas adalah settingan kamera dari kiri kekanan, berikut penjelasan
setiap angkanya :
2.2,
0.7, 1.2 <
-- > 0.0, 0.7, 1.2
-
2.2 dan 0.0 => mereka adalah x dimana angka tersebut mensetting kamera untuk
melihat arah x (geser samping) dari 2.2 sampai 0.0 yang digambar berarti angka
2.2 adalah tampilan depan dan 0.0 adalah tampilan belakang , dimana digambar
terlihat gambar pintu
-
0.7 dan 0.7 => mereka adalah y dimana angka tersebut mensetting kamera untuk
melihat arah y (atas bawah) , 0.7 dan 0.7 menandakan bahwa titik y berada sama
sejajar pada titik tersebut yang artinya pandangan lurus , bisa dilihat dengan
pandangan lantai yang datar
-
1.2 dan 1.2 => mereka adalah z dimana angka tersebut mensetting kamera untuk
melihat arah z (depan belakang) , 1.2 dan 1.2 menandakan bahwa titik y berada
sejajar yang digambar menandakan shootingan dari tengah
Sekian
tutorial dari saya
Terima
kasih J
Wassalamu’alaikum
wr.wb
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →
Related Posts:
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar: